Teknologi Informasi

Mengenal Bahasa Pemrograman Mobile

developer

Di era digital ini tidak bisa dipungkiri bahwa profesi serorang programmer adalah pekerjaan yang cukup menjanjikan. Secara umum, gaji pekerja bidang teknologi, khususnya Teknologi Informasi (TI) memang cukup besar. Jobplanet yang baru baru ini merilis daftar gaji berbagai bidang IT di Indonesia pada tanggal 26 april 2016 kemarin, menyebutkan profesi IT menawarkan gaji tertinggi hingga puluhan juta rupiah.Banyak perusahaan yang kini mulai membutuhkan jasa para programmer untuk membangun aplikasi perusahaan atau pun sebuah website company profile.

Untuk sobat opreker yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, perlu diketahui pada dasarnya bahasa pemrograman itu ada dua jenis, yang pertama adalah bahasa pemrograman web dan yang kedua adalah bahasa pemrograman mobile. Pemrograman Mobile sendiri adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile.

Ada 2 pemrograman mobile yang sobat opreker wajib ketahui, yang pertama adalah pemrograman Java (biasa digunakan untuk membuat android ) dan yang kedua adalah pemrograman objective C (biasa digunakan untuk IOS). Secara statistik, pemrograman java lebih diminati ketimbang pemrograman objective C, ada yang tau alasanya? Ya betul, saat ini merupakan era dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan. Nah kali ini kita akan bahas lebih spesifik antara pemrograman java dan objective C, cekidot.

1. Java

java
Logo pemrograman java

Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Dan saat ini merupakan era dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.

2. Objective C

Logo pemrograman objective c
Logo pemrograman objective c

Objective C adalah bahasa pemrograman yang sangat tua dan itu dirancang dan dikembangkan pada tahun 1980. Sekarang Objective-C telah menjadi populer sekali lagi karena sedang digunakan oleh Apple untuk mengembangkan aplikasi untuk sistem Mac dan iPhone

Objective-C merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk pengembangan aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple, bahkan sistem operasi iOS pun dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Objective-C ini.

Jadi kamu minat sama bahasa pemrograman mobile yang mana nih sobat opreker? Yang mana pun ga masalah ya, yang penting kamu harus jadi ahli dibidang yang kamu tekuni 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *